Kesehatan Ibu Hamil Melalui Cara Alami


Kesehatan ibu hamil harus selalu dijaga, tidak hanya pada masa kehamilan, tetapi saat Anda merencanakan kehamilan pun harus mendapatkan perhatian lebih. Salah satu kekhawatiran saat kehamilan ialah bayi terlahir dengan berat badan dibawah normal. Keadaan ini dapat terjadi jika sang bayi terlahir lebih awal (prematur), pertumbuhannya lambat selama masih dalam kandungan, kesehatan ibu terganggu, sampai kelahiran kembar.


Untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan pada masa dan setelah kehamilan, ada baiknya menjaga kesehatan tubuh dengan cara berikut :

  • Mengkonsumsi vitamin (folic acid) setiap harinya sebanyak 400 mcg (0,4mg). Folic acid adalah vitamin B yang membantu mencegah kelainan jantung dan otak pada janin. Namun pencegahan ini hanya membantu jika Anda mengkonsumsi folic acid saat merencanakan kehamilan dan di trimester pertama kehamilan.
  • Berhenti merokok dan menghindar dari asap rokok. Hindari juga mengkonsumsi minuman alkohol serta obat-obatan terlarang agar janin selalu sehat, terhindar dari kelainan.
  • Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter atau bidan untuk merencanakan kehamilan, terlebih jika Anda menderita penyakit keras seperti diabetes atau tekanan darah tinggi. Anda yang sedang dalam pengobatan dan menggunakan obat-obatan herbal pun harus mendapatkan perawatan saat merencanakan pernikahan.
  • Konsultasikan dengan dokter apakah kehamilan dapat membahayakan Anda serta janin.


Setelah mengetahui diri Anda sedang hamil, maka mulailah melakukan hal-hal berikut :

  • Lakukan pemeriksaan rutin.
  • Mengkonsumsi makanan seimbang gizinya.
  • Menjaga kenaikan berat badan.
  • Jika Anda mengalami stres di masa kehamilan, jangan ragu untuk meminta bantuan kerabat ataupun pada ahlinya.
  • Mengikuti kelas persalinan yang bisa membantu Anda mempersiapkan kelahiran sampai berbagi cerita dan info dengan sesama ibu hamil.
  • Jagalah kesehatan tubuh dengan selalu mencuci tangan sebelum memasak dan makan.


Kesehatan ibu hamil harus selalu dijaga, mengingat kehamilan merupakan momen berharga dalam kehidupan Anda. Bekerjasamalah dengan pasangan dan keluarga serta teman untuk menjaga kesehatan Anda selama kehamilan. Mintalah bantuan dalam menghadapi kehamilan jika Anda merasa tidak bisa menghadapinya sendiri, dan jangan lupa selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan.



melindacare





Share on :

TERIMA KASIH ANDA MEMBACA :
Kesehatan Ibu Hamil Melalui Cara Alami
Semoga artikel ini bermanfaat dan sesuai dengan kriteria yang anda cari di Kesehatan Ibu Hamil Melalui Cara Alami


Posted by: Artikel Kesehatan, Updated at: 6:01 PM

0 comments — Skip to Comment Box

Post a Comment

 

Resep Makanan Bayi

Resep Makanan Balita

Resep Makanan Sehat